Read more: http://cheater-handal.blogspot.com/2011/05/cara-membuat-ucapan-selamat-tinggal-di.html#ixzz2VzHob9hY MANUSIA DAN CINTA KASIH | NOTE FOR LIFE

MANUSIA DAN CINTA KASIH

nama :Prima Septicahyo
NPM :55410390
kelas:1IA09

1. Pengertian cinta kasih
Menurut kamus umum bahasa indonesia cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.

2. Tiga unsur tentang cinta
1. Keterikatan ialah adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia.
2. Keintiman ialah adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukkan bahwa antara anda dengan dia sudah tidak ada jarak lagi.
3. Kemesraan ialah adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang.

3. Tiga tingkatan cinta
1. Cinta tingkat tertinggi adalah cinta kepada Allah, Rasulullah, dan berjihad dijalan Allah.
2. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami, dan kerabat.
3. Cinta tingkat terendah adalah cinta yang lebih mengutamakan cinta keluarga, kerabat, harta, dan tempat tinggal.

4. Berbagai bentuk cinta
1. Cinta kepada thagut. Thagut adalah syetan, atau sesuatu yang disembah selain Tuhan.
2. Cinta berdasarkan hawa nafsu
3. Cinta yang lebih mengutamakan kecintaan pada orang tua, anak, istri, perniagaan, dan tempat tinggal.

5. Pengertian kasih sayang
Pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa indonesia adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak sadar dari masing-masing pihak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh.

6. Pengertian kemesraan
Kemesraan berasal dari kata dasar mesra yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia. Dengan kemesraan orang dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.

Tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu:
• Kemesraan dalam Tingkat Remaja, terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat.
• Kemesraan dalam Rumah Tangga, terjadi antara pasangan suami istri dalam perkawinan. Biasanya pada tahun tahun wal perkawinan, kemesraan masih sangat terasa, namun bisa sudah agak lama biasanya semakin berkurang.
• Kemesraan Manusia Usia Lanjut, Kemsraan bagi manusia berbeda dengan pada usia sebelumnya. Pada masa ini diwujudkan dengan jalan – jalan dan sebagainya.


7. Pengertian pemujaan
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Dalam kehidupan manusia terdapat berbagai cara pemujaan sesuai dengan agama, kepercayaan, kondisi, dan situasi. Pemujaan-pemujaan itu sebenarnya karena manusia ingin berkomunikasi dengan Tuhannya.

8. Pengertian belas kasihan
Cinta agape adalah cinta manusia kepada Tuhan. Cinta Philia adalah cinta kepada ibu bapak dan saudara. Cinta Amor/eros adalah cinta antara pria dan wanita. Cinta terhadap sesama merupakan perpaduan antara cinta agape dan cinta philia. Cinta sesama ini diberikan istilah belas kasihanuntuk membedakan antara cinta kepada orang tua, pria-wanita, cinta kepada Allah. Dalam cinta sesama ini dipergunakan istilah belas kasihan, karena cinta disini bukan karena cakapnya, kayanya, cantiknya, pandainya, melainkan karena penderitaannya. Jadi kata kasihan atau rahmah berarti bersimpati kepada nasib atau keadaan yang diderita orang lain.


Kesimpulan yang ke 5

Kasih sayang adalah suatu perasaan dalam hati yang tulus dan muncul karena adanya rasa cinta antara makhluk dengan makhluk dan makhluk dengan benda mati untuk memperoleh kebahagiaan. Karena hidup kita harus bahagia agar hidup menjadi lebih bermakna. Kita perlu memiliki rasa kasih sayang agar kita dapat merasa empati dengan keadaan orang lain disekitar kita. Intinya Kasih sayang berawal dari makhluk yang hidup dengan penuh kebersamaan. Contohnya seorang ibu dengan anaknya atau seseorang yang sayang dengan hewan peliharaannya dan seseorang yang sayang akan benda kesayangannya.
Setiap orang pasti mempunyai rasa cinta dan kasih sayang yang sudah ada sejak lahir, karena rasa cinta diberikan oleh Allah untuk semua hamba-Nya. Rasa cinta dan kasih sayang yang telah diberikan oleh Allah harus dijaga dengan baik, karena betapa sucinya rasa cinta dan kasih sayang tersebut. Rasa cinta dan kasih sayang akan membuat seseorang rela melakukan apa saja demi kebahagiaan orang yang di sayanginya. Contohnya seperti sepasang kekasih yang rela berkorban demi kebahagiaan pasangannya; seperti seorang ibu yang berjuang antara hidup dan mati untuk melahirkan anaknya. Rasa cinta dan kasih sayang dapat mengalahkan rasa benci dan dendam. Rasa tersebut juga dapat meluluhkan kerasnya ego manusia. Tetapi sesungguhnya rasa cinta dan kasih sayang yang paling tinggi tingkatannya adalah rasa cinta hanya untuk sang Pencipta semesta yaitu Allah SWT.


Sumber :
1. http://tifany-tifa.blogspot.com/2010/10/pengertian-kemesraan.html
2. Nugroho, Widyo dan Achmad Muchji. 1996. ILMU BUDAYA DASAR. Cetakan V. Gunadarma: Jakarta

0 komentar:

Posting Komentar