PENGGUNAAN SISTEM TRANSMISI, Sistem Transmisi
adalah usaha untuk mengirimkan suatu bentuk informasi dari suatu tempat yang
merupakan sumber ke tempat lain yang menjadi tujuan. Contoh : koneksi antar
media transmisi dalam sistem yang bertujuan yang sama dalam komunikasi.
INTERFACING adalah bagian dari ilmu komputer yg mempelajari teknik-teknik menghubungkan
komputer dengan peralatan elektronika lainnya. agar dapat berkomunikasi maka
sebuah perangkat komunikasi harus di-interface dengan media transmisi dan dapat
diartikan sebagai fungsi untuk mengkoneksikan perangkat komunikasi dengan media
transmisi (konektor, konvensi konversi data dalam representasi sinyal: konvensi
amplituda tegangan,dll). Contoh : koneksi antara perangkat komunikasi dengan
media transmisi (handphone dengan sinyal).
SIGNAL GENERATION didasari
oleh konsep propagasi sinyal elektromagnetik pada media transmisi. Signal
Generation harus memungkinkan properti sinyal, seperti bentuk dan
intensitasnya, dapat diinterprestasikan sebagai data pada receiver setelah
proses propagasi pada media transmisi (dengan fakta di media transmisi ada
distorsi). Contoh : sinyal pada handphone.
SINKRONISASI adalah proses
pengaturan jalannya beberapa proses pada saat yang bersamaan. Tujuan utama
sinkronisasi adalah menghindari terjadinya inkonsistensi data karena
pengaksesan oleh beberapa proses yang berbeda (mutual exclusion) serta untuk
mengatur urutan jalannya proses-proses sehingga dapat berjalan dengan lancar
dan terhindar dari deadlock. Contoh : masuknya pesan singkat (SMS) pada
handphone.
EXCHANGE MANAGEMENT pengaturan
kerjasama antara dua pihak yang berkomunikasi, seperti :
-
Proses pembentukan hubungan komunikasi
-
Pengaturan giliran transmisi àdapat bergiliran atau
sekaligus bersamaan à simplex, half-duplex, full duplex
-
Jumlah data yang dapat dikirimkan dalam
satu waktu tertentu
-
Format data
-
Contingency plan jika terjadi error
Contoh : dalam jaringan
telepon berkaitan dengan konvensi dial
DETEKSI DAN KOREKSI
KESALAHAN berkaitan dengan cara untuk mendeteksi bit yang error dan usaha untuk
merubah bit yang error menjadi bit yang benar. Contoh : kesalahan yang ada pada
biner.
ADDRESSING AND ROUTING,
Addressing fungsi yang berkaitan dengan identifikasi perangkat komunikasi à karena media transmisi
dishare pada beberapa perangkat komunikasi maka agar sebuah pengirim dapat
mengirimkan data menuju tujuan secara tepat, perlu address yang
mengidentifikasi setiap perangkat komunikasi. Sedangkan Routing fungsi
berkaitan dengan pembentukan rute melalui variasi path yang ada pada jaringan.
Contoh : IP yang digunakan untuk mengakses alamat web dalam internet.
PEMULIHAN (RECOVERY) fungsi
ini berbeda dengan recovery plan yang ada pada exchange management, karena
recovery disini berkaitan dengan fungsi untuk mendapatkan kondisi sistem
sebelum terjadi interupsi karena sistem gagal. Contoh : pemulihan dalam sistem
karena adanya kegagalan sistem, kan tetapi tetap menggunakan sistem sebelumnya.
MESSAGE FORMATING konvensi
antara dua pihak yang berkomunikasi mengenai bentuk data. Contohnya mengenai
kesepakatan penggunaan kode biner yang sama dalam mengkonversi karater menjadi
bit.
KEAMANAN (PROTECTION) fungsi
yang berkaitan dengan :
-
Penjaminan data hanya diterima oleh
penerima yang dimaksud
-
Penjaminan data tidak diubah ketika
transit
-
Penjaminan data datang dari pengirim
yang sesungguhnya bukan dari pihak lain.
Contoh : saat mengirim email
atau mengirim data bisa dengan mengenkripsi data.
MANAGEMENT NETWORK,
berkaitan dengan :
-
Proses konfigurasi ataupun rekonfigurasi
sistem
-
Monitoring sistem
-
Fungsi penanganan failure
-
Fungsi yang mendukung proses perencanaan
Contoh : organisasi dalam
sistem agar berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan.
1 komentar:
The 10 Best Casino Games in Las Vegas - DrmCD
The 10 상주 출장안마 Best 공주 출장마사지 Casino Games 여수 출장안마 in Las 동두천 출장샵 Vegas · 1. 문경 출장마사지 Wild Casino · 2. Bovada Casino · 3. Slotomania Casino · 4. Bovada.
Posting Komentar