Read more: http://cheater-handal.blogspot.com/2011/05/cara-membuat-ucapan-selamat-tinggal-di.html#ixzz2VzHob9hY Mengatasi Komputer yang Lambat | NOTE FOR LIFE

Mengatasi Komputer yang Lambat


Secara Garis Besar Langkah stategis yang dapat anda lakukan untuk memberi doping pada komputer yang lambat adalah sebagai berikut :

  1. Backup File-File Penting di Komputer Anda.
Menghindari hilangnya data dengan alasan apapun. Anda bisa menggunakan software backup untuk melakukannya.

  1. Update Windows.
Usahakan windows pada komputer anda selalu diperbarui (update). Karena system buatan manusia selalu punya kelemahan.

  1. Hati – hati Terhadap Spyware.
Spyware adalah program kecil yang bisa menyimpan informasi mengenai aktivitas internet anda, kemudian mengirimkannya kepada pembuatnya. Karena adanya spyware, maka Komputer anda akan berkerja lebih lambat.

  1. Infeksi Virus.
Virus adalah program kecil yang terpasang di computer tanapa seijin anda dan akan mengonsumsi sumber daya dari Komputer tersebut, akibatnya Komputer anda menjadi lambat. Oleh karena itu gunakan software antivirus dan lakukan scanning secara teratur untuk mencegah virus.

  1. Memperbaiki Registry.
Registry adalah direktori dari semua program file dari Komputer anda. Dikarenakan proses instalasi dan uninstalasi program, registry ini bisa menjadi kacau dan menyebabkan Komputer anda menjadi lambat. Anda bisa menggunakan Registry Cleaner untuk membersihkan dan memperbaiki system registry.

  1. Adanya Pencurian Bandwidth.
Jika anda tidak memiliki program firewall, maka Komputer anda bisa kebobolan virus atau spyware yang memungkinkan data terkirim dan masuk ke Komputer tanpa sepengetahuan anda. Untuk mencegahnya gunakan Firewall Protection.

  1. Program – program yang Tidak Terpakai.
Program – program yang sudah tidak terpakai lagi akan memakan tempat di hard disk dan juga memori, sehingga Komputer anda akan berjalan lambat. Untuk itu hapus program – program atau file – file yang sudah tidak terpakai lagi.

  1. Space yang Diboroskan.
Singkirkanlah file – file temporer dan yang tidak diperlukan lagi. Anda bisa menggunakan Disk Cleanup untuk membersihkan Komputer dari file – file yang tidak diperlukan.

  1. Fragmentasi File.
Seiring dengan lamanya Komputer anda digunakan, file di hard disk bisa menjadi terpecah – pecah, sehingga file menjadi lebih sulit dan lama untuk diambil dan diperbarui. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan defragler atau ultradefragler.

  1. Error pada Disk.
Komputer anda menghabiskan banyak waktu untuk membaca dan menuliskan data ke hard drive. Dan karenanya jika hard drive rusak, maka performa Komputer anda bisa menjadi lebih lambat. Oleh karena itu gunakan Check Disk secara teratur untuk memeriksa performa hard drive anda.

  1. System Recovery.
Jika Komputer anda terasa lambat padahal baru beberapa lama saja, maka anda bisa mereset semua konfigurasi atau menginstall ulang system operasi sehingga Komputer seperti baru.

  1. Free Utilities.
Anda bisa menggunakan kumpulan free utility untuk menganalisa computer anda, dari mulai anti spyware, anti virus, registry cleaner, dan lain sebagainya.

  1. Memori Terlalu Sedikit.
Semakin banyak proram dan system operasi, maka akan bayak pula computer mengonsumsi memori. Untuk itu, usahakan menambah memori Komputer anda dan kapasitas minimal 2 Giga atau lebih.

  1. Hardware yang Pelan.
Teknologi komputer memang berubah dengan cepat. Dan karena perubahan hardware memungkinkan software baru dibuat lebih canggih dan boros hardware, maka masa Komputer anda menjadi lebih pendek. Untuk itu mau tidak mau anda harus menjual Komputer anda dan kemudian membeli Komputer baru.

  1. Layanan Windows Indexing.
Fasilitas ini memungkinkan system operasi windows mencari file dengan lebih cepat. Tapi ini diperlukan sumber daya Komputer yang lebih besar, sehingga membuat Komputer anda menjadi lambat. Untuk itu, anda harus menonaktifkan fitur indexing di komputer anda.

  1. Eye Candy.
Beberapa fitur grafis di computer anda mengonsumsi sumber daya, anda bisa mempercepat Komputer anda dengan mematikan opsi mempercantik tampilan antarmuka windows.

  1. Andanya Debu di Komputer.
Anda harus menggunakan heat sink atau penyedot debu mini untuk menghilangkan debu dari Komputer anda.

0 komentar:

Posting Komentar