Read more: http://cheater-handal.blogspot.com/2011/05/cara-membuat-ucapan-selamat-tinggal-di.html#ixzz2VzHob9hY DIGITAL THEORY (Teori Digital) | NOTE FOR LIFE

DIGITAL THEORY (Teori Digital)

Sebelum memahami apa itu Teori Digital, sebaiknya kita tahu apa arti Digital dalam arti yang sebenarnya. Digital berasal dari bahasa yunani yaitu, kata Digitus yang berarti jari jemari. Jumlah jari-jemari kita adalah 10, dan angka 10 terdiri dari angka 1 dan 0 , oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).
Digital adalah sebuah metode yang Complex, dan fleksibel yang membuatnya menjadi sesuatu yang pokok dalam kehidupan manusia. Sedangkan Teori Digital adalah sebuah konsep pemahaman dari perkembangan Zaman mengenai Teknologi dan Sains, dari semua yang bersifat manual menjadi otomatis ,dan dari semua yang bersifat rumit menjadi ringkas.

KARAKTERISTIK DIGITAL

Dari sudut pandang yang jauh lebih terbatas dari estetika komputer seperti yang dialami oleh pengguna akhir perangkat lunak, Lev Manovich (2002) mengidentifikasi lima karakteristik:

1 numerik representasi;
2 modularitas (prinsip perakitan unit yang lebih besar dari yang lebih kecil);
3 otomatisasi;
4 variabilitas;
5 transcoding (hubungan antara komputasi dan budaya sehari-hari).

Teori Digital selalu berkaitan erat dengan media, karena media terus berkembang seiring dengan majunya teknologi dari media lama sampai media terbaru, sehingga mempermudah manusia dalam segala bidang yang berkaitan dengan Teori Digital.

NEW MEDIA (Media Baru)

Kata media berasal dari bahasa latin yang memiliki arti sebagai perantara sebuah informasi dengan penerima informasi atau media perantara. Media baru secara sederhana adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Contohnya sesuatu yang berhubungan dengan komputer dan internet yang di dalamnya ada social network, situs – situs web penyedia video dan audio. Bisa juga handphone di zaman sekarang ini karena mirip dengan komputer .

OLD MEDIA (Media Lama)

Media Lama adalah pelopor yang pertama kali dapat menghubungkan manusia dan memberikan informasi. Contohnya adalah radio, televisi, dan Koran.

PERBEDAAN NEW MEDIA dan OLD MEDIA


Perbedaan Media Baru dan Media Lama bukan digitalisasi konten media ke bit, tetapi kehidupan yang dinamis dari "new media" isi dan hubungan interaktif dengan konsumen media itu sendiri. jadi terletak pada pengaksesannya secara real time (kapan saja dengan mudah).



Jadi (New media ) adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas).



CASE STUDY : Digital aesthetics

                Berasal dari bahasa Yunani, 'estetika' yang merujuk pada studi sensorik atau sensori-emosional nilai. Awalnya, istilah ini terutama digunakan dalam hubungannya dengan alam; mencoba untuk mengidentifikasi aspek transenden dan abadi keindahan alam. Ini hanya pada abad kedelapan belas bahwa pengertian kualitas dipindahkan ke nilai artistik dari seni dan budaya secara keseluruhan. Namun, karena penilaian rasa dankualitas estetika tidak hanya nilai subyektif tapi sosial penilaian, kritikus seperti Terry Eagleton baru-baru ini menekankan bahwa kategori tersebut 'tak terpisahkan dari pembangunan bentuk ideologis dominan masyarakat kelas modern "(1990: 3). Inimungkin lebih akurat, karena itu, untuk berbicara tentang jenis tertentu dari estetika yang baik merujuk ke bagian tertentu dari masyarakat (seperti 'hitam' atau estetika 'kelas menengah'), sebuah politik filsafat (seperti 'feminis' atau 'hijau' estetika) atau gerakan seni (Seperti 'avant-garde' atau 'postmodern' estetika), daripada membuat universal dan essentializing klaim tentang budaya secara keseluruhan.

                Bentuk-bentuk tertentu dari media juga berbagi 'estetika' karakteristik yang membedakan mereka dari jenis lain bentuk dan ekspresi budaya. Misalnya, kritikus seperti John Ellis (1982) telah berusaha untuk mengidentifikasi estetika tertentu televisi, membedakan bahwa media karakteristik unik dari orang-orang radio, bioskop dan video. Dalam bab ini saya ingin membahas 'digital' estetika, menjelaskan dan menjelajahi bagaimana representasi digital dari dunia estetika yang berbeda dari yang disediakan oleh analog. Saya akan mulai dengan memberikan rekening luas digital lanskap, menawarkan wawasan ke dalam cara-cara yang budaya digital telah mengubah baik kita profesional dan pribadi kehidupan. Saya kemudian akan berpindah ke melihat tekstual dinamika dan karakteristik teknologi digital secara lebih rinci, memeriksa bentuk dan akhirnya bertanya apakah atau tidak seperti bersatu estetika 'digital' bahkan ada.


 Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar