Read more: http://cheater-handal.blogspot.com/2011/05/cara-membuat-ucapan-selamat-tinggal-di.html#ixzz2VzHob9hY PERBEDAAN CLIENT DAN SERVER | NOTE FOR LIFE

PERBEDAAN CLIENT DAN SERVER

Pengertian Komputer Client dan Server
            komputer client ialah komputer yang digunakan untuk melakukan pengelolahan data-data yang diambil dari serverkomputer client menerima pelayanan dari server apa yang telah di sajikan oleh server.
            Server, yang artinya Pelayan/ Penyedia/ yang melayani. Adalah komputer yang melayani permintaan dari komputer client. Jadi, sebuah komputer client yang me-request atau meminta layanan ke komputer server, akan disediakan atau dilayani oleh komputer server.

Perbedaan Pemrograman Berbasis Web disisi Client dan disisi Server
            Pemrograman disisi Client adalah bahasa pemrograman yang proses pengolahannya dilakukan di komputer pengunjung (Client). Ketika seseorang ingin melihat suatu website, maka website yang bertipe ini akan sepenuhnya di download dan diproses di komputer masing-masing sehingga siapapun yang melihat website kita bisa mengambil seluruh Script yang ditulis oleh pembuatnya, Hal tersebut merupakan suatu kelemahan tersendiri, yaitu orang yang berniat jahat bisa dengan mudah mengotak-atik website kita dengan lebih mudah. Web yang menggunakan program ini biasanya website statis, yaitu yang tampilannya hampir tidak berubah, kecuali  website tersebut dirombak pada halamannya (Misal : web bertipe *.html).

Client :
-             Eksekusi program pada sisi client
-             Server hanya memberikan request saja tanpa harus mengeksekusi
-             HTML, Java Script, VB Script, CSS, XML
-             Konfigurasi simple, cost rendah, unsecure

Karakteristik Client Programing :
-             Kode program didownload bersama dengan halaman web
-             Bersifat interpreter dan diterjemahkan oleh browser
-             Model eksekusinya simple dan skrip dapat dijadikan satu dengan HTML

            Pemrograman disisi Server adalah kebalikan dari Pemrograman disisi Client  yaitu bahasa pemrograman web yang pengolahannya dilakukan di komputer server dan hasil pengolahannya kirimkan ke komputer client/pengunjung dalam bentuk bahasa html, sehingga pengunjung tidak mengetahui Script yang telah ditulis oleh pembuatnya, sehingga website tipe ini lebih aman dari serangan hacker, walaupun masih beresiko juga terkena hack. Web tipe ini bersifat Dinamis yaitu bisa dirubah kontennya dengan mudah tanpa mengotak-ngatik scriptnya. Bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan web seperti, Toko Online, forum, web sekolah, blogging dan berbagai kebutuhan lainnya.

Server :
-             Eksekusi program pada sisi server
-             Server memberikan request setelah mengeksekusi program
-             PHP, ASP, JSP, CFM, ASP.net, dll.
-             Konfigurasi complex, cost tinggi, secure

            Untuk mempelajari bahasa pemrograman berbasis Pemrograman disisi Client, kita hanya membutuhkan Web editor (contoh: Notepad, Adobe Dreamweaver, Ms. FrontPage, dsb) dan Browser (contoh : Mozilla Firefox, Google Chrome, Internet Explorer, dsb). Untuk mempelajari bahasa pemrograman berbasis Server selain Web editor dan Browser, kita juga memerlukan sebuah komputer server. Jangan Pusing dulu, kita bisa menggunakan komputer kita sebagai server juga sebagai client yaitu dengan cara menginstallkan aplikasi yang dibundel untuk server yang bisa didapatkan dengan GRATIS. Aplikasi tersebut seperti XAMPP, LAMPP, WAMPP, AppServ.

Karakteristik server programming :
-             Ada client yang meminta request
-             Eksekusi program dilakukan di server
-             Mengirimkan hasil ke client

Sumber :
http://marisa998.blogspot.com/2013/02/pengertian-perbedaan-spesifikasi-dari_24.html
http://pemrogramanwebsite.blogspot.com/2012/06/perbedaan-pemrograman-berbasis-web-di.html

http://queenlittle.wordpress.com/2012/10/07/perbedaan-client-side-scripting-dengan-server-side-scripting/

2 komentar:

Unknown mengatakan...

artikel ya bagus dan mudah dimengerti... bermanfaat bagi saya..

salam kenal Bandung IT

Anonim mengatakan...

inposible .

Posting Komentar